Profile LSP Politeknik Akamigas Palembang

PENDAHULUAN
Politeknik Akamigas Palembang merupakan Perguruan Tinggi yang telah berdiri selama 6 (enam) tahun di Provinsi Sumatera Selatan. Dengan spesialisasi bidang perminyakan hulu-hilir dan pertambangan batubara, Politeknik Akamigas Palembang semakin diperhitungkan oleh stakeholders sebagai lembaga pendidikan penyedia Sumber Daya Manusia yang handal dan profesional dibidang perminyakan dan pertambangan batubara.

Berdasarkan peraturan yang berlaku khususnya kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, bahwasanya Politeknik Akamigas Palembang dituntut untuk dapat mempersiapkan SDM yang kompeten melalui kegiatan Pengajaran dan pendidikan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Oleh karena itulah Politeknik Akamigas Palembang membentuknya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Bidang Migas dan Pertambangan Batubara dengan tujuan untuk mengsertifikasi kompetensi calon lulusan dan alumni dibing migas dan batubara, dalam raung lingkup keahlian yang spesifik.

TUJUAN
Tujuan dibentuknya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Akamigas Palembang adalah sebagai berikut : Sebagai lembaga bentukan Politeknik Akamigas Palembang yang terlisensi oleh BNSP untuk melaksanakan uji kompetensi/sertifikasi bidang migas dan batubara

BADAN HUKUM
Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Akamigas Palembang disahkan keberadaannya sebagai lembaga otonom dari Politeknik Akamigas Palembang dan terlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

BENTUK PELAKSANAAN SERTIFIKASI
  • PRA SERTIFIKASI dilakukan pembekalan (kuliah review) bagi peserta yang menginginkan dengan silabus yang menyesuaikan dengan KUK (kriteria Unjuk Kerja) yang ada.
  • SERTIFIKASI dilakukan dengan berbagai macam metode seperti : demonstrasi, wawancara, portofolio, tertulis dll

ASESOR
Asesor (penguji) merupakan asesor yang berasal dari dalam kampus dan luar kampus yang berpengalaman dan terlisensi dari BNSP.

PERSONAL PENGELOLA
Dewan Pengarah :
1. Ir. H. Abdul Rozak, M.Sc
2. H. Muchtar Luthfie, SH.,MM
Direktur : M. Ali Malik, ST
Manager Mutu : K. Moh. Ade Isnaeni, ST.,MT
Manager Administrasi : Achmad Faisal F, ST.,M.Eng
Manager Keuangan : Sri Hartati, SE
Tim Audit Internal :
1. Roby Cahyadi, ST.,MT
2. Inneke Febrina Anggraini, ST.,M.Si
3. Roni Alida, ST

RUANG LINGKUP SERTIFIKASI
  • Teknik Anailisis Laboratorium Migas (Operator Pengujian Air dan Operator Pengujian BBM Non Penerbagngan – Level II)
  • Teknik Pengolahan Migas (Pressure Relieve Devices – Level III)
  • Teknik Eksplorasi Produksi Migas (Ahli Fluida Pengeboran – Level IV)
  • Teknik Pertambangan Batubara (Teknisi Pemetaan Tambang Terbuka – Level III )