BNSP Lakukan Full Assesment LSP Politeknik Akamigas Palembang



Pada hari Jum’at (11 September 2015) bertempat di Kampus Politeknik Akamigas Palembang, Jl. Kebon Jahe Komperta Plaju Palembang, dilaksanakan Full Assesment Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Akamigas Palembang oleh tim dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Ini merupakan tahap terakhir proses pembentukan LSP Politeknik Akamigas Palembang yang telah berlangsung selama ± 8 bulan yang dimulai dari Pengajuan Surat Permohonan Pendirian LSP, penyiapan dokumen & sertifikasi asesor kompetensi, dilanjutkan dengan Apresiasi Pimpinan Politeknik Akamigas Palembang ke BNSP, audit manajemen mutu, dan terakhir Full Assesment oleh tim dari BNSP, selanjutnya perbaikan ketidaksesuaian hasil Full Assesment maka BNSP akan mengeluarkan SK lisensi LSP Politeknik Akamigas Palembang.


Kedatangan Tim BNSP yang dipimpin oleh, Drs. Sugiyanto, MBA, Ph.D, (Tandem Lead Assesor & Lead Auditor) yang beranggotakan Drs. M. Zubair, M.Si, AIIS (Tandem Lead Assesor) dan Mujiyono (Sekretariat BNSP) disambut oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang, H. Muchtar Luthfie, S.H., MM., Direktur LSP Politeknik Akamigas Palembang, M. Ali Malik, S.T dan segenap jajaran manajemen LSP Politeknik Akamigas Palembang. Assesment yang dilaksanakan oleh Tim BNSP ini bertujuan untuk melakukan verifikasi kelengkapan dokumen mutu dan skema kompetensi  dan selanjutnya mengunjungi Tempat Uji Kompetensi (TUK) LSP Politeknik Akamigas Palembang untuk melihat langsung kelengkapan alat – alat yang dibutuhkan dalam melakukan uji kompetensi. Adapun 5 skema kompetensi yang ada di dalam LSP Politeknik Akamigas Palembang terdiri dari : 

1.    Prodi Teknik Analisis Lab. Migas : Operator Pengujian Air dan Operator Pengujian BBM Non-Penerbangan (Okupasi Nasional – level 5).
2.     Prodi Teknik Pengolahan Migas : Pressure Relieve Devices (Okupasi Nasional – level 5).
3.    Prodi Teknik Eksplorasi Produksi Migas : Ahli Fluida Pengeboran (Okupasi Nasional – level 5).
4.   Prodi Teknik Pertambangan Batubara : Teknisi Pemetaan Tambang Terbuka (Okupasi Nasional – level 5).


Seperti yang dijelaskan oleh Drs. Sugiyanto, MBA, Ph.D, bahwa Politeknik Akamigas Palembang adalah kampus teknik pertama di Indonesia yang telah mempunyai LSP. “Ini merupakan bentuk komitmen Politeknik Akamigas Palembang untuk terus berupaya menciptakan sumber daya manusia di bidang migas dan batubara yang mempunyai kompetensi dan diakui kompetensinya melalui sertifikasi  kompetensi yang sesuai dengan program studi yang ada di Politeknik Akamigas Palembang”. Kata Muchtar Luthfie di sela kegiatan. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa untuk mendukung pembentukan LSP ini 12 orang dosen tetap Politeknik Akamigas Palembang telah disertifikasi menjadi asesor nasional.

0 komentar:

Posting Komentar