Sertifikasi BNSP Sebagai Senjata Menghadapi Persaingan Global Era Industri

 


Sertifikasi BNSP Bidang Pengembangan SDM – Persaingan tenaga kerja saat ini semakin tinggi. Akses lapangan pekerjaan bagi ribuan tenaga kerja asing untuk masuk ke Indonesia juga semakin terbuka lebar. Belum lagi karena tingginya tuntutan yang mengharuskan semua profesi meningkatkan potensi tenaga kerjanya. Hanya mereka yang unggul dan benar – benar berkompetensi juga memiliki daya saing tinggi yang akan mampu menghadapi tantangan. Sementara mereka yang tidak memiliki sertifikasi kompetensi akan kalah dalam persaingan.

Sertifikat kompetensi bagi setiap profesi di berbagai bidang sangat dibutuhkan di dunia kerja, termasuk salah satunya adalah sertifikat kompetensi bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Sertifikat kompetensi yang diperoleh menjadi bukti pengakuan tertulis atas kompetensi yang dikuasai. Saatnya jadikan sertifikasi menjadi senjata untuk menghadapi persaingan Global Era MEA dan Industri.NFAAT SERTIFIKASI BNSP

a. Bagi Calon Tenaga Kerja

  1. Membantu tenaga kerja meyakinkan kepada organisasi dan kliennya bahwa dirinya kompeten dalam bekerja atau menghasilkan produk atau jasa.
  2. Membantu memastikan dan memelihara kompetensi untuk meningkatkan percaya diri Tenaga kerja.
  3. Membantu tenaga kerja dalam merencanakan karirnya.
  4. Membatu tenaga kerja dalam mengukur tingkat pencapaian kompetensi dalam proses belajar di lembaga formal maupun secara mandiri.
  5. Membantu tenaga kerja dalam memenuhi persyaratan regulasi.
  6. Membantu pengakuan kompetensi lintas sektor dan lintas negara

b. Bagi Institusi Pendidikan

  1. Membantu memastikan link and match antara kompetensi lulusan dengan tuntutan kompetensi organisasi pelayanan publik.
  2. Membantu memastikan tercapainya efisiensi dalam pengembangan program diklat.
  3. Membantu memastikan pencapain hasil diklat yang tinggi.
  4. Membantu Lemdiklat dalam sistem asesmen baik formatif, sumatif maupun holistik yang dapat memastikan dan memelihara kompetensi peserta didik selama proses diklat

c. Bagi Industri

  1. Membantu Industri meyakinkan kepada klienya bahwa produk/jasanya telah dibuat oleh tenaga-tenaga yang kompeten.
  2. Membantu Industri dalam rekruitmen dan mengembangkan tenaga berbasis kompetensi, meningkatkan efisensi HRD, dan akhirnya terjadi efisiensi nasional.
  3. Memastikan Industri dalam mendapatkan tenaga yang kompeten.
  4. Membantu Industri dalam sistem pengembangan karir dan renumerasi tenaga berbasis kompetensi.

0 komentar:

Posting Komentar